Makanan-Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes untuk Sahur

health insurance

Stoide – Menerima bantuan pembiayaan pengobatan dari health insurance atau asuransi kesehatan sangat membantu nasabah yang menderita diabetes. Sebab, Anda bisa lebih leluasa untuk beraktivitas, termasuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan jenis makanan, asupan kalori, hingga waktu makan. Pasalnya, faktor-faktor ini yang akan memengaruhi tingkat gula darah Anda. Beberapa makanan yang aman disantap penderita diabetes di waktu sahur mencakup:

health insurance

  • Nasi merah

Mengganti nasi putih dengan nasi merah memang terasa berat untuk beberapa orang, tetapi langkah ini yang akan menjaga kestabilan gula darah Anda selama puasa. Nasi merah termasuk sumber karbohidrat kompleks tinggi serat yang dapat memperlambat proses pencernaan. Hasilnya, tubuh lebih maksimal dalam menyerap nutrisi dan menstabilkan gula darah. Adapun sumber karbohidrat kompleks lainnya yang bisa disantap adalah biji gandum, millet, soba, dan quinoa.

  • Sayur hijau

Sebagian besar sayur hijau mengandung mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Bukan hanya itu, jenis makanan ini juga punya dampak minimal terhadap kenaikan kadar gula darah. Mengonsumsi sayur hijau sangat berguna bagi penderita diabetes, karena kandungan antioksidan dan enzim di dalamnya membantu tubuh mencerna pati. Bayam, sawi, collard green, kale, kol, dan brokoli adalah beberapa jenis sayur hijau yang bisa Anda santap.

  • Ikan dengan omega-3

Tak bisa lagi menyantap daging merah? Anda dapat beralih ke ikan-ikanan kaya omega-3 sebagai opsi alternatif. Salmon, sarden, makarel, tuna, dan kerapu adalah beberapa jenis ikan yang bisa Anda konsumsi untuk menu sahur. Omega-3 adalah senyawa penting yang akan membantu meningkatkan kesehatan otak dan jantung. American Diabetes Association pun mengatakan konsumsi ikan oleh penderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula darah.

  • Kurma

Kurma bukan sekadar makanan yang disunahkan untuk berbuka. Buah berbentuk lonjong ini mempunyai kandungan gula alami yang aman untuk penderita diabetes, sebab konsumsinya tak akan melonjakkan kadar gula darah. Anda dapat menyantap kurma dengan segelas air putih atau teh tawar hangat setelah menyantap makanan utama saat sahur. Kurma juga juga dapat Anda jadikan bahan baku kue, puding, dan penganan manis lainnnya.

  • Camilan sehat

Butuh camilan setelah menyantap sahur? Anda dapat memilih buah-buahan seperti jeruk, lemon, anggur, blueberry, raspberry, stroberi, atau blackberry. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti chia seeds dan walnut juga dapat menemani Anda selagi menunggu waktu imsak. Kalau butuh yang agak berat, Anda bisa mengonsumsi probiotic yoghurt polos atau ditambahkan dengan potongan buah untuk memperkaya cita rasanya.

Konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi terkait jenis makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Imbangi juga dengan kegiatan seperti olahraga, tidur cukup, dan memeriksakan gula darah secara berkala. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *