Apa Itu Skoliosis dan Bagaimana Penanganannya?

penanganan skoliosis

Stoide – Skoliosis merupakan sebuah kondisi di mana tulang belakang melengkung menyerupai huruf S atau C. Kondisi ini paling umum ditemukan pada anak-anak, terutama sebelum memasuki masa pubertas atau pada kisaran usia 10-15 tahun. Oleh karena itu, penanganan skoliosis yang baik dan tepat dibutuhkan dengan segera agar skoliosis tidak berkembang jadi semakin parah.

penanganan skoliosis

Penanganan Skoliosis

Kebanyakan anak-anak dengan skoliosis mengalami kondisi yang masih ringan atau mild. Dalam kondisi seperti ini, pada dasarnya mereka tidak membutuhkan penanganan, seperti dengan menggunakan brace atau bahkan operasi. Meski demikian, mereka tetap perlu melakukan pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangan skoliosis agar tidak semakin parah seiring dengan pertumbuhan anak.

Sebelum dokter memutuskan apa jenis penanganan yang tepat bagi penderita skoliosis, ada beberapa faktor yang dipertimbangkan terlebih dahulu. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Jenis kelamin

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

  • Tingkat keparahan lengkungan

Jika lengkungan tulang belakang lebih besar, kondisinya cenderung memburuk seiring dengan berjalannya waktu.

  • Bentuk lengkungan

Untuk bentuk S alias double curve, kondisi ini biasanya akan memburuk lebih sering dibandingkan skoliosis bentuk C.

  • Letak lengkungan

Skoliosis yang melengkung pada bagian tengah tulang belakang (thoracic) cenderung lebih sering memburuk dibandingkan yang terjadi pada bagian atas atau bawah tulang belakang.

  • Pertumbuhan

Apabila tulang anak sudah berhenti tumbuh, pemulihan skoliosis akan lebih rendah. Oleh karena itu, penanganan dengan brace akan lebih efektif pada anak-anak yang tulangnya masih tumbuh.

Penanganan dengan Brace

Brace atau penyangga adalah penanganan paling umum untuk skoliosis pada anak-anak, dengan catatan kondisinya masih menengah. Solusi ini memang tidak akan menyembuhkan skoliosis atau “membalik” lengkungan, tapi efektif dalam mencegah skoliosis jadi semakin parah.

Jenis brace paling umum terbuat dari plastik dan mengikuti lengkungan tubuh. Saat dikenakan di balik pakaian, keberadaan brace nyaris tak terlihat sama sekali. Biasanya, brace dipakai siang dan malam dan pemakaiannya dihentikan jika tulang anak sudah berhenti bertumbuh, yaitu saat:

  • Sekitar 2 tahun setelah anak perempuan mulai haid;
  • Saat anak laki-laki sudah butuh bercukur setiap hari; atau
  • Saat tidak ada penambahan tinggi badan.

 Penanganan dengan Operasi

Skoliosis yang sudah parah umumnya akan memburuk seiring berjalannya waktu. Dalam situasi ini, dokter akan merekomendasikan operasi untuk mengurangi tingkat keparahan dari lengkungan pada tulang belakang. Jenis operasi yang paling umum untuk mengatasi skoliosis disebut spinal fusion.

Lewat operasi ini, dokter akan menghubungkan dua tulang atau lebih pada tulang belakang. Dengan begitu, tulang-tulang tersebut tidak bisa bergerak dengan sendirinya. Kemudian, potongan tulang atau alat dengan material seperti tulang ditempatkan di antara tulang-tulang belakang. Agar tulang lama dan material tulang baru “menyatu”, keduanya disambung menggunakan alat logam.

Jangan tunggu sampai skoliosis semakin parah. Anda bisa tangani dan cegah agar kondisi Anda tidak semakin memburuk dengan bantuan profesional di Scoliosis Care. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *