6 Jenis Vitamin Penting untuk Pertumbuhan Anak 1 Tahun

vitamin anak

Stoide – Apakah Anda sudah tahu bahwa kebutuhan vitamin anak harus cukup terpenuhi setiap harinya? Salah satu alasan utamanya adalah karena si kecil jelas masih dalam fase awal pertumbuhan.

Jika kebutuhan vitamin serta nutrisi lainnya tercukupi, sistem kerja buah hati juga akan terus meningkat untuk menunjang pertumbuhan tubuhnya. Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis vitamin yang dibutuhkan buah hati Anda begitu ia menginjak usia 1 tahun? Yuk simak dulu daftar dan ulasannya berikut ini.

vitamin anak

Vitamin A

Selain untuk mendukung kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan kulit, pertumbuhan sel dan jaringan rambut serta kuku, dan pertumbuhan tulang. Kebutuhan vitamin A harian untuk anak usia 1-3 tahun adalah sebanyak 300 mikrogram.

Vitamin B Kompleks

Beda dengan vitamin lainnya, vitamin B terdiri atas berbagai jenis dengan komposisi berbeda-beda: vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Fungsi vitamin B kompleks termasuk mendorong pertumbuhan fisik, meningkatkan kemampuan otak, menjaga energi tubuh, memproduksi serta memperbaiki sel darah merah, meningkatkan jumlah sel darah putih, juga untuk sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh dan otak.

Vitamin C

Vitamin C punya karakter sebagai antioksidan dan antihistamin alami. Karena itu, salah satu fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar si kecil tidak gampang sakit. Selain itu, vitamin C juga bisa mendorong produksi kolagen yang penting untuk jaringan tubuh. Untuk si kecil berusia 1-3 tahun, jumlah konsumsi vitamin C yang ideal adalah 15 miligram per hari.

Vitamin D

Beberapa fungsi utama adalah mendorong pertumbuhan tulang, mengendalikan kadar kalsium di dalam darah, meningkatkan imunitas, hingga melawan infeksi yang menyerang tubuh. Idealnya, anak berusia 1 tahun ke atas perlu mengonsumsi 15 mikrogram vitamin D setiap hari dari beragam sumber makanan sehat.

Vitamin E

Vitamin E punya manfaat luar biasa untuk memperkuat sistem imunitas agar si kecil tidak mudah sakit. Selain itu, vitamin E juga punya sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak sel-sel dan jaringan tubuh. Asupan vitamin E per hari yang ideal untuk anak berusia 1-3 tahun adalah 6 miligram.

Vitamin K

Kemudian ada vitamin K yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka, dan membangun serta memperkuat struktur tulang si kecil. Dengan begitu, pertumbuhan tubuh buah hati Anda pun akan maksimal, kan? Dengan begitu, ia pun juga bisa dengan bebas mengeksplorasi dunia sekitarnya sebagai bagian dari proses tumbuh-kembang optimal.

Semua vitamin tersebut perlu Anda berikan setiap hari secara rutin kepada si kecil, ya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan optimal buah hati pun selalu terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *