4 Tips Memilih Shampo untuk Kulit Kepala Kering

shampo untuk kulit kepala kering

Stoide – Kulit kepala kering akan menimbulkan efek yang tidak menyenangkan seperti rasa gatal dan rambut yang kusam dan susah diatur. Untuk menghindari hal ini, tentunya Anda bisa memakai produk shampo yang cocok untuk mengatasi kekeringan kulit kepala. Simak 4 tips memilih shampo untuk kulit kepala kering berikut.

shampo untuk kulit kepala kering

1. Pilih Shampo dengan pH Rendah

Shampo dengan kandungan pH yang rendah baik digunakan untuk kulit kepala kering. pH yang tinggi diketahui dapat meningkatkan muatan listrik negatif di permukaan rambut yang mengakibatkan gesekan antar rambut semakin banyak. Hal ini menyebabkan kerusakan pada kutikula.

Oleh sebab itu, shampo dengan pH rendah, tidak lebih dari 5,5 cocok untuk kulit kepala kering. pH yang rendah juga membantu dalam menjaga kelembaban kulit sehingga rambut pun tidak terlihat kering dan kusam.

2. Pilih Shampo yang Mengandung Minyak Nabati

Minyak nabati seperti zaitun dan alpukat terkenal ampuh dalam melembabkan kulit kepala. Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ini bisa menutrisi kulit kepala agar tidak kering. Minyak nabati ini juga diketahui bisa mencegah kerusakan pangkal rambut dan membuat rambut tampak berkilau.

3. Pilih Shampo yang Mengandung Kondisioner Sekaligus

Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya air dan kelembaban pada kulit kepala. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan memakai kondisioner. Shampo untuk kulit kepala kering biasanya diformulasikan khusus. Anda bisa memilih shampo yang sekaligus mengandung kondisioner untuk mengatasi kulit kepala kering.

Pilihlah shampo yang mengandung kondisioner, seperti laureth sulfat atau deterjen kationik. Anda juga bisa melihat indikasi shampo yang mengandung pelembab dari komposisinya, yaitu terdapat shea butter, jojoba, minyak kelapa, maupun gliserin.

4. Hindari Menggunakan Shampo Jenis Volumizing

Walaupun shampo jenis volumizing membuat rambut tampak tebal dan menggembang, namun shampo jenis ini malah bisa membuat kulit kepala semakin kering. Hindari juga shampo yang mengandung garam sulfat karena dapat membuat kulit kepala dehidrasi.

Selain melihat tips memilih shampo untuk kulit kepala kering, menjaga kulit kepala kering juga bisa dilakukan dengan mencuci rambut secara teratur. Tidak perlu keramas setiap hari, cukup dua hari sekali dan menghindari penggunaan pengering rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.